Sebuah pendekatan evaluasi pembelajaran yang fundamental untuk meningkatkan proses belajar siswa secara personal dan berkelanjutan. Tujuannya bukan sekadar memberikan skor akhir, melainkan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar spesifik setiap siswa dan menyediakan intervensi yang tepat guna.
(Shute & Ventura, 2013; Csapó et al., 2021)
Sistem ini memanfaatkan teknologi untuk menganalisis respons siswa secara instan dan menyesuaikan item atau tugas berikutnya yang paling sesuai. Siklus berkelanjutan antara respons, analisis data, adaptasi item, dan umpan balik menciptakan lingkungan belajar yang responsif dan berpusat pada siswa.
(Wang, 2020; van der Linden & Glas, 2010)
Keunggulannya terletak pada kemampuan untuk menyediakan pengalaman belajar yang sangat terpersonalisasi dan efisien, yang sulit dicapai melalui metode asesmen tradisional. Sistem ini mengakomodasi kecepatan belajar individu yang beragam dan memberikan dukungan yang disesuaikan.
(Attali & Powers, 2020; Spector, 2015)