Kajian Teori

3. Peran Kecerdasan Buatan (AI) dalam Asesmen

Kekuatan Transformatif

AI menawarkan kapabilitas untuk meningkatkan efisiensi, personalisasi, dan kedalaman analisis data asesmen. Teknologi seperti NLP dan Machine Learning memungkinkan pengembangan sistem yang lebih cerdas dan responsif terhadap kebutuhan individu siswa.

(Zawacki-Richter et al., 2019; Williamson et al., 2020)

Otomatisasi dan Analisis Mendalam

AI dapat mengotomatiskan tugas-tugas yang memakan waktu (misalnya, penilaian esai) serta menganalisis pola respons yang kompleks untuk mengidentifikasi miskonsepsi atau memprediksi kinerja masa depan. Ini meringankan beban kerja pendidik dan menyediakan wawasan baru.

(Siemens & Baker, 2012)

Personalisasi Pembelajaran

Dalam asesmen formatif, algoritma AI dapat menciptakan sistem adaptif yang canggih, menyesuaikan jalur dan tingkat kesulitan secara dinamis. AI juga memberdayakan sistem umpan balik yang canggih dengan menyediakan penjelasan dan rekomendasi yang dipersonalisasi.

(Shute & Ventura, 2013; Graesser et al., 2017)

← Kembali ke Menu Teori Selanjutnya: Integrasi →