Kerangka Berpikir

Alur berpikir sistematis yang mendasari penelitian ini, dari identifikasi masalah hingga solusi yang diusulkan.

1

MASALAH

Kualitas SDM dan pendidikan vokasional masih menghadapi tantangan. Praktik asesmen yang ada masih dominan bersifat sumatif dan minim diagnosis untuk perbaikan belajar.

2

TANTANGAN & PELUANG

Pemanfaatan asesmen sebagai alat diagnosis masih rendah, namun kemajuan teknologi (CDM & AI) membuka peluang besar untuk inovasi asesmen yang lebih personal dan adaptif.

3

SOLUSI: INTEGRASI TEKNOLOGI

Mengintegrasikan kekuatan diagnosis mikroskopik (CDM) dengan kemampuan umpan balik cerdas (AI) untuk menciptakan sistem asesmen formatif yang efektif dan personal.

4

HASIL: SISTEM CFAIR

Pengembangan sistem asesmen formatif digital adaptif yang mampu mendiagnosis, memberikan umpan balik, dan pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan dan daya saing SDM.

← Kembali ke Penelitian Relevan Lanjut ke Pertanyaan Penelitian →