Prosedur Pengembangan

Penelitian ini mengikuti enam tahap sistematis dari model Design and Development Research (DDR).

1

Identifikasi Masalah

Menganalisis rendahnya kualitas asesmen berbasis diagnosis kognitif di sekolah dan konsekuensinya terhadap pembelajaran.

2

Deskripsi Tujuan

Menetapkan tujuan konseptual (mengembangkan model asesmen) dan tujuan teknis (menyusun instrumen berbasis Q-matrix dan modul AI).

3

Desain & Pengembangan Artefak

Merancang instrumen, mengembangkan platform web C-FAIR, melakukan validasi isi bersama para ahli, dan mengintegrasikan model CDM serta AI.

4

Pengujian Artefak

Melakukan uji kelayakan instrumen (validasi Q-matrix & pretesting) dan pengujian kualitas sistem berdasarkan standar ISO/IEC 25010.

5

Evaluasi Hasil Uji

Menganalisis efektivitas diagnosis CDM, relevansi umpan balik AI, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan melalui triangulasi data.

6

Komunikasi Hasil

Menyebarluaskan temuan melalui publikasi ilmiah, presentasi di forum akademik, dan workshop bagi para pemangku kepentingan pendidikan.

← Kembali ke Model Lanjut ke Desain Uji Coba →