Pendidikan 4.0 menuntut asesmen yang tidak hanya mengukur hasil, tetapi juga mendukung proses belajar yang adaptif dan personal. Namun, banyak sistem saat ini belum mampu memberikan diagnosis mendalam yang dibutuhkan.
Asesmen konvensional gagal memberikan diagnosis kognitif yang rinci dan umpan balik yang personal untuk mendukung perbaikan belajar siswa.
(Nusantara dkk., 2025)
Studi yang ada cenderung fokus pada CDM atau AI secara terpisah, menyisakan celah untuk sebuah sistem yang terintegrasi secara komprehensif.
(Zhu dkk., 2023; Fukushima dkk., 2025)
Mengembangkan CFAIR, sebuah sistem yang mengintegrasikan diagnosis CDM dan umpan balik adaptif berbasis AI.
(Hornos dkk., 2024; Wu dkk., 2024)
CFAIR (Cognitive Formative Adaptive Intelligent Response) dirancang untuk memberikan informasi pembelajaran yang tepat, cepat, dan sesuai kebutuhan, memberdayakan guru dan siswa.