Latar Belakang

Potensi Teknologi: CDM & AI

Cognitive Diagnostic Models (CDM)

Pendekatan psikometri mutakhir yang memberikan diagnosis penguasaan kognitif siswa dengan tingkat granularitas mikroskopik.

  • Menganalisis atribut kognitif fundamental (bukan hanya skor total).
  • Menghasilkan "profil atribut" kekuatan & kelemahan siswa.
  • Memungkinkan intervensi belajar yang tepat sasaran.

(Zhan dkk., 2023; de la Torre, 2009; Maas dkk., 2024)

Kecerdasan Buatan (AI)

Kekuatan transformatif yang mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi sistem asesmen secara dinamis.

  • Memberikan umpan balik otomatis, personal, dan instan.
  • Meningkatkan akurasi dan relevansi umpan balik.
  • Secara cerdas menyajikan soal berikutnya sesuai profil siswa.

(Zhu dkk., 2023; Hornos dkk., 2024; Boussakuk dkk., 2021)

Sinergi Kunci: Diagnosis Bertemu Adaptasi

Inovasi utama penelitian ini adalah mengintegrasikan kekuatan diagnostik CDM dengan kemampuan adaptif AI. Sistem ini tidak hanya tahu apa yang siswa belum kuasai, tetapi juga secara otomatis memberikan apa yang mereka butuhkan selanjutnya.

← Sebelumnya Selanjutnya