Latar Belakang

Tantangan Implementasi di Indonesia

Meskipun potensinya transformatif, adopsi asesmen digital adaptif dihadapkan pada serangkaian tantangan teknis dan non-teknis yang kompleks dan saling terkait.

Teknis

  • Ketimpangan infrastruktur digital.
  • Akses internet yang belum merata.
  • Keterbatasan perangkat keras yang memadai.

(Nusantara dkk., 2025; Boussakuk dkk., 2021)

SDM & Kelembagaan

  • Kesiapan & literasi digital pendidik.
  • Kurangnya pelatihan yang efektif & berkelanjutan.
  • Inersia & ketergantungan pada metode tradisional.

(Ješková dkk., 2022; Alvarez-Icaza dkk., 2024)

Kesenjangan Teori-Praktik

  • Sulit menerjemahkan konsep ideal ke praktik kelas.
  • Keterbatasan sumber daya pendukung.
  • Kurangnya pemahaman integrasi pedagogis.

(González-Pérez dkk., 2023; Hornos dkk., 2024)

Justifikasi Proyek CFAIR

Menyadari tantangan ini, penelitian ini berfokus mengembangkan sistem yang praktis dan dapat diimplementasikan secara luas, bahkan di sekolah dengan keterbatasan sumber daya, untuk menjembatani kesenjangan yang ada.

← Sebelumnya Selanjutnya